Suatu kehormatan bagi saya pribadi bisa mengisi kegiatan dengan tema ” Diseminasi Kelas Maya dan Rumah Belajar Kemdikbud Di MGMP Bahasa Indonesia”  pada hari Kamis tanggal 20 September 2018 di SMP Negeri 26 Batam, Kegiatan ini diikuti oleh guru – guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di wilayah 3 Kota Batam dengan jumlah 30 orang.

Materi yang saya sampaikan masih memperkenalkan Portal Rumah Belajar dan Kelas Maya, tetapi sebelum itu untuk Portal Web Simpatik Kemendikbud digunakan untuk seluruh peserta Sosialisasi agar mendaftar dan mempunyai akun, karena akun tersebut berguna untuk mengkuti pelatihan – pelatihan yang ada di laman web Simpatik Kemendikbud sediakan melalui daring maupun luring. Ke depannya akun yang dimiliki peserta juga bisa digunakan apabila diadakan Duta Rumah Belajar di tahun selanjutnya.

Selanjutnya Peserta sosialisasi diperkenalkan 8 (delapan) fitur utama yang ada di portal Rumah Belajar. Mulai dari fitur SUMBAR  (Sumber Belajar), BUSEK (Buku Sekolah Elektronik), BAS (Bank Soal), LABOYA (Laboratorium Maya),PEYA (Peta Budaya), WAJANG (Wahana Jelajah Angkasa), PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), dan KEMA (Kelas Maya).  Semua fitur itu sudah di sediakan oleh kementerian pendidikan dan Kebudayaan di website Portal Rumah Bealajar  dan Cara mengaksesnya juga sangat mudah.

Selain fitur utama tadi, juga tersedia Konten terbaru yang bisa di jadikan media oleh guru, untuk membawa siswa lebih mengenal kepemimpinan, tari-tarian, Samudra raksasa, serta museum rempah yang hanya terdapat di Indonesia. Dengan adanya tambahan konten tersebut pada Rumah Belajar, maka di jamin pembelajaran di kelas akan semakin menarik. fitur pendukung lainnya juga adalah karya Komunitas, yang memuat materi pembelajaran dari komunitas guru-guru se-Indonesia sehingga dapat di gunakan juga oleh guru di daerah lain. Kemudian Karya Guru yang memuat hasil karya pembelajaran  dari guru lain, serta karya Bahasa dan Sastra, yang memuat pustaka bahasa dan sastra. Media lainnya untuk mendukung Rumah Belajar Kemendikbud berupa TV Edukasi, Suara edukasi, Radio Edukasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi TV edukasi bisa di unduh di palystore.

Kegiatan ditutup dengan Game kahoot.com. Peserta begitu senang mengikutinya dan seperti biasa, Peserta yang mendapat Nilai tertinggi 3 Besar mendapat souvenir rumah belajar.