Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Lokakarya Duta Rumah Belajar ” Menyiapkan Generasi Emas dengan Pendidikan 4.0 yang berkualitas” tahun 2018 yang dimulai pada tanggal 10 – 13 Oktober 2018 di Hotel Sultan, Jakarta. Kegiatan Lokakarya tersebut merupakan Rangkaian Proses Pemilihan Duta Rumah Belajar 2018 pada level 4, yang artinya pada tahap akhir ini perwakilan – perwakilan dari 34 provinsi secara otomatis diundang ke Jakarta menjadi Duta Rumah Belajar 2018. sebelumnya , tahapan – tahapan yang harus dilalui oleh Calon Duta Rumah Belajar 2018 ada 4 tahapan : Level 1 ( Literasi TIK ) yang diikuti 7260 orang, Level 2 ( Implementasi TIK) yang diikuti 900 orang, Level 3 ( Kreasi TIK ) yang diikuti 34 orang.

Pengukuhan Duta Rumah Belajar 2018 dilaksanakan sejalan dengan Pembukaan Lokakarya Duta Rumah Belajar oleh Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Bpk. Didik Suhardi, P.Hd. Selain Duta Rumah Belajar 2018, turut hadir juga Duta Rumah Belajar 2017 dalam  proses pengukuhan Duta Rumah Belajar 2018.  onwer sumadi.web.id, Sumadi merupakan Duta Rumah Belajar Nasional 2018 Provinsi Kepulauan Riau

” Rumah Belajar merupakan satu perangkat, satu sistem yang telah dibuat dan dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperluas, memperkaya, memperdalam, mempermudah dan mempercepat ilmu pengetahuan bagi guru dan  siswa. Selain itu tugas dari duta rumah belajar antara lain bisa mensosialisasikan, memanfaatkan, maupun memberikan kontribusi berupa media yang dapat digunakan untuk menambah koleksi sumber belajar, sehingga dapat menumbuhkan semangat berbagai demi kemajuan pendidikan” kata Sekjen Kemendikbud Bpk. Didik Suhardi, P.Hd saat membuka Lokakarya Duta Rumah Belajar.