Manajemen User (Seri Belajar Moodle -5)

Pengguna dapat mengakses LMS Moodle dengan cara log in atau masuk menggunakan akun yang telah didaftarkan dalam sistem LMS Moodle  . Oleh sebab itu, terdapat dua cara dalam mendaftarkan pengguna ke dalam LMS Moodle yaitu, pertama didaftarkan secara manual oleh admin dan yang kedua pengguna daftar secara mandiri kemudian disetujui oleh admin melalui sistem e-learning. Sebuah sistem dalam e-learning juga memerlukan beberapa peran atau jabatan dalam pengelolaannya sebagainya sistem pada umumnya. Peran (role) atau jabatan pengguna dalam e-learning dapat meliputi administrator, manager/course creator, teacher, non-editing teacher, dan student. Peran (role) pengguna dalam e-learning dapat diatur atau ditentukan sehingga dapat menjalankan masing – masing fungsinya secara teratur. Secara lebih rinci berikut langkah – langkah dalam membuat atau memasukkan user dalam LMS Moodle .

A. Membuat User

User dalam hal ini berarti person/ orang yang dapat mengakses portal yang kita miliki. Terdapat beberapa tingkatan user dalam moodle, seperti Admin utama, manager, guru, dan siswa/ peserta didik.

  1.    Untuk membuat user baru satu per satu, silahkan pilih Site Administration > Users > Accounts > Add a new user.
  2. Kemudian isi beberapa identitas user mulai dari username, password, dan e-mail. Yang perlu diperhatikan ialah dalam membuat password. Untuk moodle versi 2, persyaratan membuat password agar diterima dalam sistem ialah :

              Terdiri dari 8 digit.

              Minimal terdapat satu huruf besar.

              Minimal terdapat satu huruf kecil.

              Minimal terdapat satu angka.

              Minimal terdapat satu tanda baca (misal : titik (.), garis bawah (_), strip (-), dsb).

  3. Sedangkan untuk membuat user secara massal atau dengan jumlah yang besar sekaligus. Caranya ialah pilih Site Administration > Users > Accounts > Upload user.
  4. Siapkan terlebih dahulu file excel klik di sini. Urutannya ialah firstname, lastname, password, username, email. Perhatian !! Dalam membuat password harus mengikuti persyaratan dari sistem moodle, sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya diatas.
  5.  Kemudian simpan dengan format CSV (Comma Delimited) (*csv).
  6.  Kembali ke halaman upload user pada e-learning. Upload file berformat *.csv tersebut di form file, bisa didrag and drop atau dimasukkan secara manual, sehingga akan tampil seperti berikut ini. Form CSV delimiter pilih tanda koma (,) sesuai dengan yang digunakan pada file excel tadi. Pada form Encoding, pilih UTF-8. Sedangkan pada preview rows pilih sesuai jumlah user yang akan ada file excel. Pada contoh ini, data user yang akan dimasukkan sejumlah 4 (empat), maka preview rows dipilih 10. Kemudian pilih “Upload users”.

B. Membuat status user

Status user berguna untuk mendefinisikan peran seorang user dalam sistem suatu e-learning. Status user meliputi Administrator, Manager/ Course creator, Teacher, Non-editing teacher, dan Student. Pada moodle versi 2 terdapat dua tempat berbeda untuk mengatur peran user – user tersebut. Oleh sebab itu, dibagi dua kelompok agar mudah dalam mengelolanya.

Kelompok pertama : Administrator dan Manager/ Course creator.

Kelompok kedua : Manager, Teacher, Non-editing teacher, dan Student.

Pengaturan status user kelompok pertama ialah sebagai berikut :

  1.  Untuk lebih memudahkan bagi yang pertama kali menggunakan moodle, silahkan kembali ke home atau halaman depan dari portal e-learning yang telah dibuat. Lalu pilihSite Administration > Users > Permissions > Assign System Roles.
  2. Kemudian muncul halaman Assign roles in system. Silahkan klik peran (role) yang ingin diatur. Pada contoh kali ini, penulis ingin mengatur siapa saja yang akan menjadi manager, maka selanjutnya klik “manager”.
  3. Setelah itu muncul halaman berikut. Selanjutnya pilih user yang sudah didaftarkan tadi (bisa diseleksi/dimasukkan lebih dari satu). Setelah dipilih maka tekan “Add”, dan selesai.
  4.  Khusus untuk administrator, silahkan pilih Site Administration > Users > Permissions > Site administrators. Proses pengaturannya sama seperti diatas.

    Pengaturan status user kelompok kedua ialah sebagai berikut :

    1.     Silahkan kembali ke halaman utama (home). Setelah itu pada panel navigation, pilihSite Pages > Participans. Kemudian pada pane administration, pilih Front page settings > Users > Permissions > Assigned roles.
    2. Langkah pengaturan peran (role) pada kelompok yang kedua, secara teknis sama dengan kelompok pertama.

    Selamat Mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *