Di akhir penghujung bulan Agustus tahun 2018 bergetar smartphone bertanda pesan masuk, setelah dilihat muncul Grup WA baru dengan nama grup PembaTIK Level 3 Kepri, kemudian cek inbox Email yang berisi Pemberitahuan Resmi dari Pustekkom bahwa saya salah satu Peserta PembaTIK Level 3 Kepri. Pustekkom Kemdikbud melaksanakan kegiatan pelatihan pembaTIK level 3 untuk propinsi Kepulauan Riau bertempat di Hotel Comforta dari tanggal 30 Agustus – 01 September 2018. Kegiatan ini sebagai proses seleksi pemilihan Duta Rumah Belajar untuk mewakili Propinsi Kepulauan Riau pada tahun 2018.

Pada kegiatan pembatik level 3 Kepri ini diikuti oleh 30 orang guru dari tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK. SMP Negeri 26 Batam juga diwakili oleh Sumadi, S.Pd, guru Bahasa Inggris. Untuk mengikuti kegiatan Pembatik level 3 ini terlebih dahulu dilakukan seleksi pembatik level 1 secara daring, kemudian dilanjutkan dengan pembatik level 2 yang juga menggunakan sitem daring. Sedangkan pada kegiatan Pembatik level 3 dilakukan dengan model tatap muka secara langsung dengan mentor/ narasumber).

Adapun materi utama dalam membatik level 3 ini meliputi Teknik editing pengolahan Video dan Pembuatan video mredia pembelajaran menggunakan Kine Master, Pemanfaatan Kelas Maya, Teknik Pengelolaan Kelas Maya, Presentasi produk. Adapun Narasumber pada kegiatan ini adalah Intruktur dari Pustekkom Bu Ai Sri Nurhayati selaku salah satu tim pengembang Kelas Maya, Intruktur dari TV Edukasi, Bu Helen serta ditutup oleh Pak Gatot Pramono (Kabid Pengembangan Multimedia dan Web Pustekkom).

Dalam kegiatan ini seluruh peserta Antusias dalam melaksanakan kegiatan dengan serius serta saling kolaborasi satu sama lain sehingga tercipta keakraban yang kondusif. Semoga hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahauan dan kompetensi seluruh peserta dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bermaksa bagi siswa di sekolah masing-masing maupun untuk yang lainnya dan mampu mengimbaskan pada teman guru maupun siswa untuk dapat memanfaatkan fitur- fitur Rumah Belajar yang salah satunya memanfaatkan Kelas Maya ( Virtual Class) untuk proses pembelajaran, pengayaan maupun program remedial.

Informasi tentang pelaksanaan pelatihan/workshop ini saya peroleh dari Group Whatsapp  dan Telegram. saya coba buka portal http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ Dari portal inilah saya mulai mendaftar sebagai peserta Pembatik Level 1. Pelatihan online ini dikemas dalam bentuk “Bimbingan Teknik (BIMTEK) PembaTIK (Pengembangan Bahan Ajar TIK)” yang dibagi menjadi beberapa tahap (level) dan pelaksanaannya dikelompokkan berdasarkan region provinsi yang telah ditentukan oleh Pustekkom. Sehingga peserta yang akan mengikuti pelatihan dapat memilih daerah pelatihan yang sesuai dengan provinsi yang terdekat dengan daerah asalnya.
Misalnya, saya dari Kota Batam, maka saya dapat mengikuti pelatihan pada Region Provinsi Kepulauan Riau. Begitu pula dengan daerah yang lain dari 34 provinsi di Indonesia.

Bimtek/pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap dan terbagi menjadi 4 level, yaitu:

  1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)yang dilaksanakan mulai 04 March 2018 s/d 06 April 2018.
    Pada level ini, peserta mendapatkan modul untuk dipelajari secara mandiri dalam waktu 15 hari sejak registrasi, yaitu Modul Internet Sebagai Sumber Belajar dan Modul Pemanfaatan Jejaring Sosial untuk Pembelajaran.
    Selanjutnya pada akhir pelaksanaan Bimtek Level 1 ini, dilaksanakan ujian sertifikasi untuk menentukan kelulusan peserta. Bagi peserta yang lulus ujian sertifikasi, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 1 dan berhak mengikuti Bimtek Daring Level 2. Pada level ini, terhitung sebanyak 2,734 peserta dari seluruh provinsi yang mengikuti Bimtek Daring level 1.
  2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK) yang dilaksanakan di Bulan Mei 2018.
    Pada Bimtek level 2 ini, peserta mendapatkan materi tentang Perancangan Pembelajaran yang Terintegrasi dengan TIK, Pemanfaatan Rumah Belajar dan Tutorial Membuat Video Pembelajaran Sederhana.
    Sama halnya dengan level 1, pada Bimtek Daring Level 2 ini, peserta juga diminta untuk turut aktif berdiskusi secara online bersama dengan peserta lain tentang topik yang diberikan dan dimoderasi oleh Duta Rumah Belajar. Keaktifan dalam forum diskusi pada portal SimpaTIK juga akan mendapatkan penilaian tersendiri dengan bobot 20%. Selain itu peserta juga mendapatkan tugas membuat video pembelajaran yang memanfaatkan TIK dan portal Rumah Belajar dengan bobot penilaian sebesar 50%. Pada akhir pelatihan, peserta melaksanakan ujian sertifikasi Bimtek Daring level 2 (dengan bobot penilaian sebesar 30%) dan apabila lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 2. Semua kegiatan ini dilakukan secara online dan 30 peserta akan berhak lanjut ke Bimtek Level 3.

 

  1. Bimtek Tatap Muka Level 3 (Kreasi TIK) 30 Agustus – 01 September 2018.Pelaksanaan Bimtek Level 3 ini dilakukan secara tatap muka di ibu kota provinsi masing-masing dengan agenda peserta menyempurnakan bahan ajar yang telah dibuat sebelumnya. Banyak tugas yang harus diselesaikan oleh peserta Bimtek Level 3 selepas mengikuti pelatihan tatap muka ini. Apabila peserta lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 3. Sayangnya, pada level ini hanya akan dipilih 1 orang saja peserta terbaik yang akan mengikuti ke Bimtek Level 4 di Jakarta
  1. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Lokakarya)dilaksanakan sekitar Bulan Oktober 2018.
    Peserta terbaik level 3 selanjutnya berhak mengikuti Bimtek level 4 (Lokakarya) yang diikuti oleh peserta terbaik Bimtek Level 3 dari seluruh provinsi. Pada Bimtek Level 4 ini, peserta melakukan presentasi hasil tugas yang diberikan pada Bimtek Level 3, di tingkat Nasional.
    Peserta yang lolos ke level 4 ini sekaligus dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar tingkat Provinsi dan akan mendapatkan sertifikat Level 4. Sedangkan peserta terbaik pada Bimtek Level 4 akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar Tingkat Nasional.

Sesuai dengan cita-cita Pemerintah Indonesia menuju Industri 4.0 yang artinya Teknologi selalu berkembang sangat pesat , maka sebagai pendidik harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk Proses Belajar Mengajar menuju masyarakat Modern. Salah satu nya produk Pustekkom yang membantu para Guru melalui Portal Rumah Belajar”. tutur Pak Gatot dalam Penutupan kefiatan PembaTIK Level 3 Kepri.

#Pembatiklevel3
#dutarumahbelajar2018
#PortalRumahBelajar
#KelasMaya
#Pustekkom
#Kemendikbud